Kamis, 03 Oktober 2019

PENGANTAR MANAJEMEN




Manajemen adalah aktivitas kerja yang melibatkan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain sehingga pekerjaan tersebut bisa secara efektif dan efisien.

Efisiensi merujuk pada maksud mendapatkan sebesar-besarnya output dari sekecil-kecilnya input. Hal ini dikatakan “mengerjakan sesuatu tepat sasaran” yaitu tidak menyia-nyiakan sumber daya. Sebagai contoh, di pabrik HON Company di kota Cedartown, Georgia, AS, para karyawan membuat dan merakit berbagai peralatan mebel kantor, teknik-teknik manufaktur yang efisien telah diimplementasikan dengan menjalankan hal-hal seperti menurunkan persediaan (stok), mempersingkat waktu pembuatan dan menurunkan tingkat cacat. Praktik-praktik kerja ini telah membuahkan hasil dengan terpangkasnya biaya sebesar $7 juta dalam waktu satu tahun.

Sedangkan efektivitas sering kali dijabarkan sebagai “mengerjakan hal yang tepat” yaitu menjalankan aktivitas-aktivitas yang secara langsung membantu organisasi mencapai berbagai sasarannya. Sebagai contoh, di pabrik HON, sasaran-sasaran ini diantaranya adalah memenuhi tuntutan jadwal yang ketat dari pelanggan, menerapkan strategi manufaktur berkelas dunia, dan menjadikan pekerjaan para karyawan lebih mudah dan lebih aman. Melalui berbagai inisiatif kerja, sasaran-sasaran ini tanpa henti dikejar dan dicapai. Bila efisiensi berkenaan dengan cara mencapai suatu tujuan, maka efektivitas berkenaan dengan hasil atau pencapaian tujuan tersebut. 


Fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut :
1.       Perencanaan (Planning) yaitu mendefinisikan sasaran-sasaran, menetapkan strategi dan mengembangkan rencana kerja untuk mengelola aktivitas-aktivitas.
2.       Pengorganisasian (Organizing) yaitu menentukan apa yang harus diselesaikan, bagaimana caranya dan siapa yang akan mengerjakannya.
3.       Kepemimpinan (Leading) yaitu memotivasi, memimpin, dan tindakan-tindakan lainnya yang melibatkan interaksi dengan orang-orang lain.
4.   Pengendalian (Controling) yaitu memantau aktivitas-aktivitas demi memastikan segala sesuatunya terselesaikan sesuai rencana demi   tercapainya tujuan dan sasaran-sasaran yang telah dicanangkan bagi organisasi.
Keterampilan-keterampilan Manajemen :
1)       Keterampilan Teknis yaitu pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan sebuah pekerjaan yang spesifik.
2)       Keterampilan Hubungan Antarmanusia yaitu kemampuan bekerja sama secara baik dengan orang lain, secara perorangan maupun secara kelompok.
3)       Keterampilan Konseptual adalah kemampuan untuk berpikir dan memahami hal-hal (konsep-konsep) yang bersifat abstrak dan kompleks.
Manajemen dibutuhkan secara universal didalam organisasi sehingga kita harus berupaya memperbaiki cara pengelolaan organisasi pada umumnya. Mengapa? Karena kita senantiasa berinteraksi dalam organisasi setiap hari di dalam hidup kita. Organisasi yang di kelola dengan baik dapat membangun basis pelanggan yang setia, tumbuh-berkembang dan menjadi besar. Sedangkan organisasi yang dikelola dengan buruk cepat atau lambat akan kehilangan pelanggan dan pendapatan. Berikut ini kebutuhan Universal akan Manajemen :


 Dengan mempelajari manajemen, Anda akan dapat segera mengenali ciri-ciri manajemen yang buruk dan bertindak untuk memperbaikinya. Selain itu, Anda akan dapat mengenali dan memberikan dukungan pada manajemen yang baik, entah di dalam organisasi tempat Anda bekerja maupun organisasi-organisasi yang berinteraksi dengan Anda.



TERIMA KASIH








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERKEMBANGAN FUNGSI MANAJER KEUANGAN

Pada awal tahun 1930-an, fungsi keuangan dipegang oleh manajer keuangan yang disebut controller atau treasurer. Manajer ini bertanggung...